Rabu, 10 April 2019

Layanan Peminjaman

Layanan Pengembalian 
Pengembalian adalah pelayanan sirkulasi yang berupa kegiata pencatatan bukti bahwwa pemakai mengembalikan bahan pustaka yang telah dipinjamnya. (Fajri, Elva Rahmah,2013). 
Perlengkapan yang Dibutuhkan Perlengkapan yang dibutuhkan untuk pengembalian adalah bukti transaksi peminjaman yaitu kartu anggota dan kartu buku yang disimpan petugas, kotak peminjaman, cap tanggal serta bantalan cap. 
Prosedur Pengembalian 
  1. Peminjam datang sendiri ke meja sirkulasi dengan membawa buku yang akan dikembalikan. 
  2. Petugas menerima dan memeriksa keutuhan fisik buku dan tanggal harus kembali yang tertera pada lembaran slip pengembalian. 
  3. Petugas mencari kartu buku dan kartu anggota yang dilekatkan dengan klip d kotak peminjaman yang penyusunannya disesuaikan dengan tanggal kembali yang ada di slip pengembalian.
  4. Apabila sesuai nomor induk kartu buku dengan nomor induk buku, kemudian yang mengembalikan buku tersebut benar si peminjaman disesuaikan foto sipeminjam dengan foto di kartu anggota, kemudian tanggal pengembalian sesuai dengan yang tertera di slip pengembalian maka petugas menerima buku tersebut dan kartu anggotanya di kembaliakn kepada pengguna. 
  5. Apabila terjadi ketidaksesuaian pada no 4, maka petugas melakukan tindakan yang selanjutnya. Denda dibayar sesuai keterlambatannya, kartu anggota yang tidak sesuai dengan orang yang mengembalikan buku ditahan untuk menghindari kartu anggota disalah gunakan oleh orang tersebut, nomor induk buku yang tidaj sesuai dengan nomor induk kartu buku perlu interogasi kepada orang yang mengembalikan untuk mengetahui mengapa nomor induknya berbeda. (Rauddah Hutasoit,2012) 
Pengembalian Menurut Martoatmodjo unsur-unsur pengembalian buku yaitu:
  1. Ketika buku dikembalikan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah tanggal kembalinya. Jika peminjaman melebihi batas waktu peminjaman maka pengunjung di kenakan denda, denda langsung diminta kepada pengunjung yang terlambat mengembalikan koleksi.
  2. Mengambil kartu buku pada kotak kartu buku yang di susun pada tanggal buku harus kembali, kemudian dimasukan kekantong buku.
  3. Kartu tanggal kembali diambil dari buku yang dipinjam tadi dan disimpan untuk dipakai lagi.
  4. Buku siap dikembalikan ke rak, kecuali ada pengunjung lain yang memesan untuk meminjamnya.
  5. Buku yang telah dipesan diletakan pada suatu tempat khusus dan dibuatkan kartu pemanggilan kepada pemesannya. (Cintia, Yunaldi, 2012) 
DAFTAR PUSTAKA 
Cintia, Yunaldi, Tega D. 2012. Sistem Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Vol. 1, No. 1, Seri D

Fajri, Elva Rahmah, Ilkhamul. 2013. Penerapan Sistem Close Acces Pada Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Politeknik Pertanian Unand Payakumbuh. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Vol. 1, No. 2, Seri A. 

Rauddah Hutasoit, Hidayati. 2012. Pelayanan Sirkulasi Perpustakaan IAIN Sumatera Utara. Jurnal Iqra’ Volume 06 No.01.

3 komentar: